Perjalanan wisata saya bersama istri, anak saya Rakha si gembul dan neneknya ke kota batik Pekalongan dimulai dengan keberangkatan sekitar pukul 22:00 WIB dari kediaman di Gunung Sindur, Bogor, perjalanan menggunakan mobil dengan rencana melalui jalur pantura.

Berangkat

Perjalanan sengaja dipilih malam hari agar Rakha tidur selama perjalanan dan tidak rewel sampai pagi. Jok tengah mobil sengaja dilepas agar ada tempat agak luas buat Rakha tidur dengan nyaman.

Sekitar pukul 02:00 saya mulai mengantuk dan memutuskan berhenti di suatu SPBU sebelum kota Cirebon dan tidur. Setelah sekitar 1 jam tidur - tiduran ( karena ga bisa tidur beneran di dalam mobil, maklum mobilnya sempit ) perjalananpun dilanjutkan.

Sekitar Pukul 8 pagi kami sudah memasuki kota Pekalongan dan segera mencari hotel tempat istirahat. Kami memutuskan menginap di Hotel Pekalongan karena hasil browsing istri saya bilang hotel ini cukup bagus dan murah.

Pukul 9 kami sudah sampai hotel dan bisa beristirahat, sedangkan saya tak lama kemudian langsung tertidur. Sekitar pukul 1 siang saya bangun dan merasa agak segar, saya langsung mandi, makan dan duduk - duduk sebentar di hotel.

Sekitar pukul 4 sore kami jalan - jalan ke alun - alun kota Pekalongan yang ternyata dekat dengan hotel. Pertama kali sih kami naik becak karena belum tahu lokasinya, tapi setelah tau saya lebih memilih jalan kaki, karena hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari hotel.

Di alun - alun cukup ramai, banyak pedagang makanan terutama pedagang ketupat opor, yang terdiri dari ketupat dan opor ayam, mirip makanan lebaran :D.