Cabin.js adalah sebuah generator situs statik yang dibuat dengan JavaScript dan dijalankan diatas node.js.

Instalasi

Untuk menginstall cabinjs pastikan bahwa nodejs sudah terinstall, lalu kita bisa menginstall cabinjs dengan menjalankan perintah berikut di terminal.

1
npm install -g cabin grunt-cli

Setelah terinstall kita akan memiliki perintah cabin yang bisa dijalankan di terminal.

Mulai membuat blog

Kita bisa mulai membuat blog kita dengan menjalankan perintah cabin new di terminal

1
cabin new blogku

Parameter pertama setelah new adalan nama folder tujuan tempat semua file yang dihasilkan akan berada, jika kita ingin menggunakan tema blog yang berbeda kita bisa berikan nama repositori tema tersebut di github pada parameter kedua setelah nama folder tujuan.

1
cabin new blogku CabinJS/Candy

Perintah tersebut akan membuat blog kita dengan menggunakan tema Candy, untuk tema lainnya silahkan cek di situs cabinjs.

Setelah perintah tadi selesai maka kita bisa menjalankan blog kita dengan perintah seperti berikut:

1
cd blogku && grunt

Perintah diatas akan menjalankan grunt yang akan mulai memproses blog kita dan menjalankan sebuah web server sederhana sehingga kita bisa melihat seperti apa blog kita itu nantinya. Perintah itu juga akan membuka perambah web yang akan membuka halaman dengan alamat localhost:5455, coba lihat - lihat seperti apa blog kita itu.

Membuat artikel blog

Berbeda dengan blog engine lain seperti Wordpress atau Drupal, di cabinjs kita membuat artikel blog dengan membuat atau mengedit file Markdown dalam folder posts.

Coba buat satu file di dalam folder posts dengan nama postPertama.md, lalu didalamnya isikan baris - baris berikut:

1
{
  title: 'Post pertama',
  date: '2014-02-03',
  description: 'Post pertama dengan cabinjs'
}
Selamat datang...
## Apa kabar?
Senang bisa membuat blog dengan Cabinjs

Setelah kita save file itu, grunt akan otomatis membangun ulang blog kita dan me-refresh perambah web sehingga kita bisa melihat artikel yang baru kita buat itu.

Membangun blog kita

Sekarang setelah kita bisa membuat dan mengedit artikel untuk blog kita, yang perlu kita lakukan adalah memproses blog kita supaya dapat kita deploy ke web server yang bisa diakses secara publik. Untuk memproses blog dengan cabinjs kita bisa menjalankan perintah grunt build di dalam folder blog kita pada terminal

1
2
# didalam folder blog
grunt build

Perintah tersebut akan menggabungkan semua source dari blog kita dan membuat versi statiknya dan menempatkannya di dalam folder dist. Isi dari folder dist inilah yang perlu kita unggah ke web server pubik atau hosting yang kita pakai. Karena file - file didalam folder dist ini merupakan file HTML statik kita tidak perlu menjalankan program apapun di web server atau hosting kita, hanya perlu web server saja seperti Apache atau Nginx, dan biasanya kalau kita memanfaatkan jasa hosting hal - hal seperti itu sudah tersedia, jadi kita hanya perlu mengunggah file - file kita saja.

Untuk mengunggah blog kita kita bisa gunakan bermacam cara, bisa dengan FTP, atau rsync, atau kalau kita hosting biasanya kita juga mendapatkan control panel yang biasanya menyediakan alat untuk membantu kita mengunggah file.

Mengunggah dengan grunt-ftpush

Jika kita mengunggah file blog kita dengan metode FTP, maka kita bisa memanfaatkan tool lain yang bisa digunakan dengan grunt yaitu grunt-ftpush. Dengan bantuan tool ini kita hanya perlu menjalankan perintah grunt deploy dan otomatis blog kita akan diproses dan di unggah, menyingkat banyak waktu dan mengurangi kesalahan.

Untuk menggunakan grunt-ftpush, langkah - langkah yang harus kita lakukan adalah:

Buat file .ftppass (jangan lupa titik didepan nama file) di folder yang sama dengan file Gruntfile. Isi dari file .ftppass ini adalah informasi untuk akun ftp kita

1
2
3
4
5
6
{
"key1": {
"username": "username1",
"password": "password1"
}

}

Lalu edit file Gruntfile, tambahkan baris - baris berikut ke dalam fungsi grunt.initConfig

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
ftpush: {
build: {
auth: {
host: 'ftp.server.com', // ganti dengan server tujuan kita
port: 21,
authKey: 'key1' // key1 yang ada di file .ftppass, sesuaikan jika nama
// key berbeda
},
src: 'dist',
dest: '/',
simple: true,
exclusions: ['**.DS_Store']
}
}

Kemudian tambahkan task deploy dibawah ini pada Gruntfile

1
2
3
4
grunt.registerTask('deploy', [
'build',
'ftpush'
]);

Setelah langkah - langkah diatas setiap kali kita ingin mengunggah file yang ada (setelah kita membuat artikel blog baru misalnya) kita hanya perlu menjalankan perintah berikut

1
cd blog && grunt deploy

Untuk keterangan lebih lengkap tentang grunt-ftpush bisa lihat di repositorinya di Github, dan untuk metode lain untuk mengunggah blog yang dibangun dengan cabinjs kita bisa lihat di wikinya, mudah bukan? :)

Selamat ngeblog!